Program KKG MI (Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah) adalah salah satu program pengembangan profesionalisme guru-guru MI (Madrasah Ibtidaiyah) di Indonesia. Dalam konteks proyek Madrasah Reform, kegiatan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) KKG MI memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah-madrasah tersebut. Berikut adalah deskripsi kegiatan PKB KKG MI dalam proyek Madrasah Reform.
1. Pelatihan dan Workshop: KKG MI Proyek Madrasah Reform menyelenggarakan berbagai pelatihan dan workshop yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MI. Pelatihan ini mencakup berbagai aspek pembelajaran, seperti strategi mengajar, kurikulum, evaluasi, dan teknologi pendidikan. Guru-guru MI mendapatkan kesempatan untuk memahami dan menerapkan metode-metode terbaru dalam pendidikan.
2. Pembelajaran Kolaboratif: KKG MI mendorong pembelajaran kolaboratif antar guru-guru MI di berbagai madrasah. Guru-guru dapat berbagi pengalaman, best practices, dan materi pembelajaran yang efektif. Ini membantu meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan di madrasah-madrasah yang terlibat dalam proyek Madrasah Reform.
3. Penelitian Tindakan: Guru-guru MI dapat melakukan penelitian tindakan sebagai bagian dari kegiatan PKB KKG MI. Mereka dapat mengidentifikasi masalah-masalah spesifik dalam pembelajaran mereka dan mencoba solusi-solusi inovatif. Hasil dari penelitian tindakan ini dapat menjadi kontribusi berharga dalam merancang perbaikan sistem pendidikan di madrasah.
4. Monitoring dan Evaluasi: KKG MI Proyek Madrasah Reform memiliki mekanisme monitoring dan evaluasi yang ketat untuk mengukur dampak kegiatan PKB terhadap peningkatan kualitas pendidikan di MI. Data hasil evaluasi digunakan untuk mengidentifikasi area yang masih perlu perbaikan dan mengarahkan langkah-langkah berikutnya.
5. Pengembangan Materi Pembelajaran: Guru-guru MI bekerja sama dalam mengembangkan dan membagikan materi pembelajaran yang relevan dengan kurikulum terbaru dan kebutuhan siswa. Ini melibatkan penggunaan teknologi pendidikan dan pengembangan sumber daya pendidikan yang inovatif.
6. Pembinaan Guru: KKG MI Proyek Madrasah Reform juga memberikan pembinaan kepada guru-guru MI yang memerlukan bimbingan khusus dalam meningkatkan kompetensi mereka. kegiatan ini bisa berupa pembinaan individu atau kelompok.
Kegiatan PKB KKG MI dalam proyek Madrasah Reform secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MI melalui pendekatan kolaboratif, pembelajaran berkelanjutan, dan pengembangan profesionalisme guru-guru. Dengan demikian, diharapkan madrasah-madrasah di Indonesia dapat memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan siswa. Berkaitan dengan proyek peningkatan kompetensi guru dan mutu pembelajaran, maka pada tahun 2023 ini KKG MI Kecamatan Menganti merupakan salah satu penerima program bantuan tersebut. Ada 6 pokja dalam pelatihan ini. Pelatihan saat ini penekanannya di bidang literasi dan numerasi yang diikuti oleh 90 guru yang dibuka secara resmi oleh Dr. H. M. Ersat, M. H. I. (Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik).
0 komentar:
Posting Komentar