Selamat Berkunjung di Blog Kang Abede Semoga Bermanfaat

Senin, 02 Oktober 2023

PELAKSANAAN PKG DI MI RIYADLATUL ATHFAL

 



Pelaksanaan PKG (Penilaian Kinerja Guru) oleh pengawas dan Kepala Madrasah (Kamad) kepada guru di MI Riyadlatul Athfal adalah proses penting dalam meningkatkan mutu pendidikan dan profesionalisme guru. Pendampingan ini bertujuan untuk membantu guru mengembangkan kompetensi mereka, meningkatkan kualitas pengajaran, dan mencapai target pembelajaran yang telah ditetapkan. Tujuan pendampingan PKG oleh pengawas dan Kamad:

1. Pengawas Pendidikan: Pengawas pendidikan memiliki peran kunci dalam mendampingi guru dalam proses PKG. Mereka melakukan observasi dan evaluasi terhadap kegiatan guru dalam kelas, antara lain:
Mereka melihat bagaimana guru menyampaikan materi, mengelola kelas, dan berinteraksi dengan siswa.

a. Penilaian Kinerja: Pengawas memberikan penilaian objektif terhadap kinerja guru,         termasuk dalam hal perencanaan pembelajaran, penggunaan metode mengajar, dan          efektivitas penggunaan sumber belajar.

b. Umpan Balik Konstruktif: Setelah observasi, pengawas memberikan umpan balik            kepada guru. Umpan balik ini bertujuan untuk membantu guru memahami kekuatan         dan area yang perlu ditingkatkan dalam kinerjanya.

c. Pengembangan Rencana Tindak Lanjut: Bersama guru, pengawas merencanaka      tindak lanjut untuk meningkatkan kinerja guru. Ini bisa mencakup pelatihan tambahan, bimbingan, atau saran untuk perbaikan.


2. Kepala Madrasah (Kamad): Kamad memiliki peran strategis dalam pendampingan PKG, yang mencakup aspek manajemen dan pengembangan profesional guru, seperti:

a.   Perencanaan dan Koordinasi: Kamad berperan dalam merencanakan pendampingan PKG untuk seluruh guru di madrasah. Mereka juga berkoordinasi dengan pengawas dan staf pendidikan lainnya.

b.   Pemberian Dukungan Administratif: Kamad memastikan guru memiliki sumber daya dan sarana yang cukup untuk melaksanakan tugas mereka dengan baik. Mereka juga mengurus administrasi terkait dengan PKG.

c.  Pengembangan Profesional: Kamad bekerja dengan guru untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan profesional. Mereka dapat mengadakan pelatihan, workshop, atau kegiatan lainnya untuk meningkatkan kompetensi guru.

d. Mendorong Kolaborasi: Kamad mendorong kolaborasi antar guru, termasuk pertukaran pengalaman dan praktik terbaik, sehingga guru dapat belajar satu sama lain.
Pendampingan PKG oleh pengawas dan Kamad di MI Riyadlatul Athfal adalah upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan potensi guru. Dengan kerja sama yang baik antara semua pihak terkait, diharapkan guru dapat terus meningkatkan kinerja mereka dan memberikan pendidikan terbaik kepada siswa.


0 komentar:

Posting Komentar